Parenting dan Anak
Parents, Mari Kenali Perkembangan Otak Anak Usia 1 – 2 Tahun

Parents, Mari Kenali Perkembangan  Otak Anak Usia 1 – 2 Tahun
Bagi orang tua memerhatikan tumbuh kembang anak adalah aktivitas sehari-hari. Jika melihat si kecil mampu melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan, hati orang tua terasa bahagia. Tapi, apakah perkembangannya itu sesuai dengan usianya? Yuk, kenali perkembangan otak anak di usia 1 sampai 2 tahun, agar paham perkembangan sang buah hati.

Anak di bawah usia 5 tahun memiliki tahapan perkembangan otak yang berbeda sesuai usianya. Masa itu disebut masa keemasan anak (golden age). Masa di mana orang tua perlu memberikan asupan nutrisi dan stimulus (rangsangan) yang sesuai usia. Harapannya agar anak tumbuh sehat dan belajar hal yang dibutuhkan di masa depan.
 
Coba perhatikan kemampuan bahasa anak yang meningkat. Biasanya di usia 1-2 tahun, dia bisa mengucapkan kata sederhana seperti, “Ma” atau “Pa”. Hal ini disebabkan kemampuan memori anak yang berkembang pesat. Sehingga mampu mengingat kata yang didengarnya.
 
Memori di otak anak sanggup melakukan berbagai hal. Seperti mengenali bahasa dan konsep waktu, memahami perintah, memecahkan masalah, mengingat fungsi benda di sekitar, dan meningkatnya rasa ingin tahu anak. Dia mengingat semua hal tersebut dengan cara mendengarkan, melihat dan menyentuh.
 
Selain fisiknya, kemampuan anak dari segi kognitif, sosial dan emosional pun meningkat. Contohnya pada segi kognitif, anak akan senang melihat buku bergambar, bermain mencari benda yang tersembunyi di buku cerita atau benda di rumah, mulai mengerti bentuk yang sederhana ketika ditunjukkan.
 
Dari segi perkembangan bahasa atau berkomunikasi, anak mampu mengikuti instruksi sederhana, menyimak ketika orang lain berbicara padanya, dan bisa menunjukkan bagian tubuh mereka saat ditanya. Anak mulai terbuka dan tak takut ketika bertemu orang baru.
 
Jangan heran jika dia cenderung ingin mencoba segala hal sendiri, tanpa dibantu orang tua atau pengasuhnya. Sisi ingin tahu anak bertambah pula. Hal ini ditunjukkan dari ketertarikan anak pada hal baru di sekelilingnya.
 
Maka orang tua perlu ekstra pengawasan di usia ini, karena anak senang mengeksplorasi segala hal. Apalagi ditunjang dengan fisik mereka yang berkembang pesat. Seperti mampu merangkak dengan cepat, mengangkat badannya sendiri, berdiri berpegangan pada kursi atau meja, membuka beberapa bagian baju, memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.
 
Nah, orang tua tidak usah khawatir berlebihan. Jika ditunjang dengan media dan sarana yang tepat, kemampuan anak dapat meningkat pesat. Sesuai bakat dan naluri yang diciptakan oleh Allah SWT di usianya tersebut.
 
Namun, ada cara tepat agar perkembangan otak anak optimal yaitu mengenalkannya pada bahan bacaan dan permainan yang sesuai usianya. Buku bacaan, permainan atau media yang disesuaikan dengan metode neurosains menurut para ahli sanggup menstimulasi otak anak.
 
Tugas orang tua untuk memilih media yang tepat bagi perkembangan buah hati mereka. Sehingga kelak, anak tumbuh menjadi pribadi dengan otak cerdas dan mulia pula akhlaknya.








Parenting dan Anak Lainnya
Menurut goodreads.com , 95% Pembaca Menyukai Buku Muhammad Teladanku
Menurut goodreads.com , 95% Pembaca Menyukai Buku Muhammad Teladanku
Kamis, 28 September 2017 11:51 WIB
Banyak orang tua yang ingin mengenalkan Rasulullaah kepada anaknya. Dan hampir seluruh orang tua muslim menginginkan anaknya memiliki akhlak seperti Rasulullaah, maka tak jarang orang tua menamai anaknya dengan nama Muhammad. Tapi sudah kah kita mengenalkan sosok Rasulullaah kepada si kecil dengan optimal? Sygma Daya Insani bersama Eka Wardana menerbitkan Buku paket eksklusif Muhammad Teladanku, yang mampu menjawab semua kegalauan para Ayah Bunda. Yuk kita simak, komentar para readers setelah membaca buku Muhammad Teladanku:
Kisah Unik Pengangkatan Raja Melalui Benih Rebus
Kisah Unik Pengangkatan Raja Melalui Benih Rebus
Senin, 20 Maret 2017 09:56 WIB
Kejujuran berarti kesesuaian antara hati dan tutur kata. Seseorang yang kata-kata atau tingkah lakunya hari ini A esoknya B, maka ia akan kehilangan kepercayaan dihadapan orang lain, orang lain tidak akan pernah menanggapinya dengan serius. Ia tidak akan bisa mendapatkan kepercayaan maupun keyakinan dari orang-orang di sekitarnya. Jika demikian, maka mana mungkin ia diajak mengerjakan sebuah pekerjaan yang penting, ataupun dibangun sebuah relasi persahabatan dengannya. Oleh karena itu, seorang pembohong, yang merupakan lawan dari orang jujur, dapat melakukan berbagai hal buruk apapun.
Pelanggan Online: “Saya tidak setuju jika angkutan online dihilangkan”
Pelanggan Online: “Saya tidak setuju jika angkutan online dihilangkan”
Jum'at, 13 Oktober 2017 11:57 WIB
Angkutan online yang sedang marak ini ternyata banyak menimbulkan kontroversi. Angkutan online yang lebih murah dan praktis ini memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang kerja di angkutan umum offline. Sejumlah warga Jakarta mengharapkan pemerintah jangan sampai menghapuskan angkutan online, yang merupakan sebuah inovasi untuk masyarakat urban, sangat membantu berbagai aktivitas di luar rumah, menghemat waktu, dan biaya.
SK Program Nabung Buku SDI
SK Program Nabung Buku SDI
Rabu, 07 Maret 2018 08:09 WIB
MENIMBANG: 1. Perlunya program baru untuk memudahkan pelanggan-pelanggan SDI dalam membeli bukubuku SDI. 2. Perlunya program baru untuk memudahkan SLC dalam memasarkan produk ke pelanggan degan cara menabung.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Annasikhah Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya